BISNIS YANG GAGAL FOKUS

​*Berani Memulai dan Berkomitmen Part. 6*

Merupakan hal yang manusiawi saat kita membanding-bandingkan pendapatan yang kita terima dengan orang lain.

Merasa “kecele” saat bahan contekkan seperti strategi dan usaha yang dilakukan sudah sama dengan pelaku bisnis senior yang menjalankan bisnis serupa tapi hasil yang kita dapatkan tidak sama atau malah jauh dari harapan, benar bukan? pernah? Atau malah sering?

Banyak hal yang kita pikirkan, salah satunya mencari peluang apa lagi yang bisa kita ambil dalam waktu dekat atau mungkin dapat dilakukan bersamaan dengan usaha yang sedang kita rintis.

Saya kemarin sempat baca suatu artikel yang membahas tentang BADD (Boss Attention Deficit Disorder) yang merupakan gangguan dalam memusatkan perhatian yang dialami oleh pengusaha super jenius (Rhonda Abrams: 2012, USA Today)

Seperti apa sih gangguan ini? Sebagian besar kendala yang dihadapi wirausahawan ternyata bukanlah karena mereka tidak memiliki ide, tetapi karena mereka malah memiliki terlalu banyak ide kreatif yang tidak dilakukan secara sistematis:

– Tidak ada perencanaan yang tercatat.

– Tidak mengerti sejauh mana proses ide yang sedang dijalankan dan langsung melanjutkan ke proyek berikutnya, sehingga semua usaha menjadi tidak tuntas.

Jika kita tidak berhati-hati, bukan hanya kita yang dapat kehilangan fokus tapi bisa saja seluruh karyawan bahkan satu perusahaan akan terbawa, mereka dengan mudah beralih ke hal-hal yang tidak menjadi prioritas utama.

Bagaimana kita bisa mengurangi efek BADD Boss Syndrome jika ternyata kita sendiri sudah menjadi penderitanya?

Untungnya Mas Dewa Eka Prayoga sudah memberikan contekkan kedua dalam bukunya “7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula”:

Bukunya bisa diintip di:

http://bit.ly/takjadibangkrut

http://bit.ly/takjadibangkrut

http://bit.ly/takjadibangkrut

http://bit.ly/takjadibangkrut

http://bit.ly/takjadibangkrut

Melakukan suatu usaha atau bisnis tidak boleh sekedar “Ikut-Ikutan” atau latah “Kalau dia bisa, saya pun bisa” dengan modal meniru action dan mengetahui resultnya saja, ternyata hal itu belum cukup.. 

Ingat, pasti ada proses sebelum ada hasil. Sudah ada garis jodoh dan rezeki, tetapi setiap manusia wajib mengusahakan yang terbaik.

Bahkan usaha keras dan usaha cerdas masih perlu selalu digali, untuk mendapatkan jalan dan hasil yang lebih maksimal.

Hindari melakukan suatu hal dengan setengah hati, bila terantuk krikil di tengah jalan, fokuskan kembali kepada niat dan target yang ingin dituju pada saat memulai usaha atau bisnis tersebut.

Bila pelari saat ini banyak mengumandangkan slogan: “FINISH WHAT YOU STARTED” saat mereka menyelesaikan setiap sesi latihan yang sangat berat, ataupun menyelesaikan lombanya.

Semangat-semangat tersebut dapat kita tiru, dan itulah yang dimaksud dengan komitmen dan hasrat besar untuk mensukseskan usaha atau bisnis yang kita kelola,

Ga sabar untuk melanjutkan ke tahapan dan ide-ide lainnya?

silahkan klik:

http://bit.ly/kembalihidup

http://bit.ly/kembalihidup

http://bit.ly/kembalihidup

http://bit.ly/kembalihidup

http://bit.ly/kembalihidup

Selamat hari Jumat, semoga selalu dalam lindungan Tuhan serta usaha yang dijalankan semakin berkah.. (boleh dikomen aamiin loh.. hehe)

jangan lupa like, comment dan sharenya bila dirasa bermanfaat ?:)

#bisnisjanganasal

#SharingIsCaring

#ScaleUpUKM

Referensi: https://en.wikipedia.org/wiki/Rhonda_Abrams

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
Malcare WordPress Security