*Berani Memulai dan Berkomitmen Part. 9*

Siapa yang di sini mau kaya?

Yakin?

Siapa yang tak mau punya uang banyak dan bisa dipakai suka-suka. Semuanya pasti bilang mau, termasuk saya yang menulis hehe ☺️

Seorang pengusaha kuliner asal Bandung, sebut saja namanya Edy, muda dan belum tamat kuliah, dengan ide kreatif dia bersama sekelompok temannya membuka usaha roti bakar dan minuman hangat di wilayah kampusnya. Yang awalnya memakai tenda kini bisa menyewa rumah yang posisinya berdekatan dengan usaha semula untuk menciptakan rasa lebih nyaman kepada pembeli sehingga mereka diam lebih lama dan melakukan order tambahan. Dari yang hanya bertujuan untuk membantu pelunasan SPP kuliah akhirnya kini Edy bisa menggaji sepuluh orang pegawai.

Lalu bagaimana cara mendapatkan apa yang kita impikan, banyak orang saat ini yang “latah” membuka usaha setelah melihat contoh sekitarnya dan berharap hasil yang didapatkan sama, bahkan melebihi contoh yang dia sadur. Pengusaha-pengusaha saat ini hanya melihat kisah awal dan akhir dari cerita si “pengusaha percontohan”. Layaknya roti sandwich, ada isi yang perlu kita rasakan sehingga keseluruhan rasa roti bisa terasa nikmat saat dimakan. Maksud saya adalah “Di setiap kesuksesan pasti ada rintangan dan “proses” yang harus dilalui. Sukses itu tidak ada yang instant. Perlu terjatuh dulu untuk bisa mengendarai sepeda, dan itu hal yang lumrah. Maka dari itu, semangat menggebu-gebu yang dimiliki sang pengusaha muda yang minim pengalaman dan tanpa ilmu dapat menyebabkan malapetaka, diantaranya:

1. Merekrut pegawai di saat usaha belum memiliki laba, akhirnya usahawan terpaksa berhutang agar bisa membayar gaji pegawainya.

2. Membuka cabang di saat produk yang dihasilkan belum memiliki standar yang baik dan benar, akhirnya usahawan banyak terkena komplain pelanggan dari sana-sini.

Untungnya Dewa Eka Prayoga dalam bukunya 7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula menjelaskan solusinya dari masalah di atas. 

Dapatkan bukunya di sini: 

http://bit.ly/takjadibangkrut
http://bit.ly/takjadibangkrut
http://bit.ly/takjadibangkrut
http://bit.ly/takjadibangkrut
http://bit.ly/takjadibangkruti

Segala upaya yang kita lakukan, sebaiknya diselaraskan dengan hubungan kita kepada Tuhan pun perlu dipupuk dengan komitmen yang kuat, maka hasil yang kita tuju dapat tercapai dengan baik, bukan melalui menghalalkan segala cara.

Semoga tulisan saya bermanfaat dan dapat memberikan pencerahan. Mohon maaf bila ada kata-kata yang salah, like, komen dan sharenya sangat dihargai ?

#KamisSharing

#BisnisJanganAsal

#SharingIsCaring

#ScaleUpUKM

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top
Malcare WordPress Security